Minggu, 08 November 2020

Pertahankan Tradisi Ancakan (Gunungan), Komisariat PMII Raden Bagus Asra STAI At Taqwa Adakan Maulid Nabi



Tradisi ancakan (Gunungan) merupakan kebiasaan adat orang jawa ketika ada acara besar masyarakat. Namun, saat ini tradisi tersebut hampir mulai punah bahkan jarang dilakukan karena semakin berubahnya zaman yang lebih mengarah ke modernitas. Tetapi hal teesebut tetap dilestarikan oleh Komisariat Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Raden Bagus Asra Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) At Taqwa dengan mengadakan Acara Maulid Nabi Muhammad Saw yang di dalamnya ada ancakan atau bisa disebut gunungan yang bertempat di Halaman Komisariatnya yang berada di Tamansari, Bondowoso (08/11/2020)

Acara tersebut mengusung tema "Masettong Niat, Ngarep Syafaat" yang artinya "Menyatukan Niat, Mengharap Syafaat". Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Pengurus Cabang (PC) PMII Bondowoso dan segenap Angkatan yang masih berada di naungan Komisariat mulai dari Angkatan 2016-2020.

Sahabat Alek selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa dengan memerintahkan seluruh angkatan mulai dari Angkatan Sabon (2016), Prasasti (2017), Gempita (2018), Airlangga (2019) dan Preman (2020) agar berpartisipasi di acara maulid dengan maksud untuk mempersolid antar Rayon dengan Komisariat.

"Keterlibatan segenap angkatan yang ikut di dalam acara ini adalah tidak lain agar semua (angkatan) mempertahankan rasa kebersamaan" Ucap Sahabat Alek selaku Ketua Panitia.

Sahabat Ahmad Muzakki selaku Ketua Komisariat menyampaikan kepada seluruh angkatan agar selalu menjaga komunikasi dan solidaritas terutama untuk angkatan 'Preman (2020)' yang pertama kali mengikuti kegiatan komisariat agar selalu aktif di setiap acara, Baik Acara Formal maupun Non Formal.

"Bagi angkatan Preman yang baru kali ini ikut kegiatan kami (Komisariat) saya berharap agar selalu aktif dalam mengikuti jalannya kaderisasi" Pesan Sahabat Ahmad Muzakki selaku Ketua Komisariat PMII Raden Bagus Asra STAI At Taqwa Bondowoso.

Setelah sambutan selesai acara tersebut di lanjutkan dengan Pembacaan Sholawat Nabi yang mana hal tersebut di pimpin oleh Grub Hadroh Lintang Songo PMII Bondowoso. Kemudian acara tersebut juga berisi Mauidhoh Hasanah yang di pimpin oleh Dr. H. Mohammad Syaeful Bahar M.Si. Dalam ceramahnya beliau menyampaikan bahwa untuk saat ini Mahasiswa yang harus menjaga tradisi keislaman yang ada dan beliau berpesan agar kita selalu merefleksikan kecerdasan dan akhlaq yang baik dari Rosulullah Saw menjadi karakter seorang Mahasiswa terutama Warga Pergerakan.

"Kecerdasan dan Akhlaq Rosulullah Saw harus kita refleksikan sebagai Warga pergerakan. Karena sejatinya PMII adalah organisasi yang akan selalu menjaga nama Nabi Muhammad Saw sebagai Rahmatan Lil 'Alamin" Tutur Beliau Dr. H. Moh. Syaeful Bahar M.Si dalam ceramahnya.

Dalam waktu bulan ini komisariat akan mengikuti dan mengadakan beberapa acara. Yang diantaranya akan mengikuti Konferensi Cabang (Konfercab) PMII Bondowoso dan acara Pelatihan Kader Dasar (PKD) ke-VI. Sementera untuk Rayon Avicenna pada tanggal 12 November 2020 akan mengadakan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah (PKTI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Tri Fungsi NDP dalam berorganisasi PMII RBA STAI At-taqwa gelar kegiatan SARANG Avicenna ke-09.

  NDP yang berfungsi sebagai Kerangka Refleksi, Aksi dan Ideologis, merupakan Sublimasi nilai keislaman dan keindonesiaan. Sebagaimana ideol...